CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Minggu, 06 Juni 2010

Pengertian dan Pengaplikasian Infrastruktur Hijau

Green infrastructure atau infrastuktur hijau merupakan kerangka ekologis untuk keberlanjutan lingkungan, sosial, dan ekonomi, sebagai sitem kehidupan alami yang berkelanjutan. Infrastruktur hijau merupakan jaringan Ruang Terbuka Hijau (RTH) kota untuk melindungi nilai dan fungsi ekosistem alami yang dapat memberikan dukungan kepada kehidupan manusia.

Pada dasarnya infrastuktur hijau terdiri dari area (hub) dan jalur (link). Contoh infrastruktur hijau berupa area adalah taman kota (baik pasif maupun aktif), stadion, lapangan, sepak bola, hutan kota, dll. Untuk jenis link contohnya adalah jalur hijau sepanjang jalan protokol, sepanjang sempadan sungai, dll. Dengan terintegrasinya area dan jalur hijau diharapkan tercipta suatu kawasan perkotaan yang memiliki "sabuk hijau: yang menyeimbangkan RTH dengan ruang produktif terbangun.

Pentingnya infrastuktur hijau selain untuk mengurangi polusi juga dapat diintegrasikan dengan drainase sehingga mampu mengurangi dampak banjir. Selain itu keadaan ruang terbuka diharapkan mampu menarik penduduk untuk keluar rumah menikmati kotanya.

Banyak di negara-negara maju seperti Singapura, Tokyo, Sydney, dan kota-kota dunia lainnya, pemerintahnya begitu memperhatikan akan pentingnya ruang terbuka hijau. Singapura sebagai tetangga terdekat kita, dengan luasnya yang sangat kecil untuk ukuran sebuah negara, mampu menciptakan Bukit Timah yang merupakan hutan kota. Bukit Timah tercatat sebagai satu dari dua hutan tropis di dalam kota di dunia (tropical forest boundaries inner city) selain di Rio de Jenairo. Contoh menakjubkan lainnya adalah taman kota terbesar di dunia yang dimiliki New York, Central Park yang luasnya sekitar 3,41 km2.

Bukit Timah, Singapura. Hutan di tengah kota.

Central Park, New York

Indonesia, diwakili oleh Jakarta, juga memiliki RTH yang cukup banyak. Namun, secara standar jumlahnya masih jauh dari yang diharapkan yaitu 30% dari luas wilayah kota. Tempat-tempat RTH terbaik yang dimiliki Jakarta antara lain Taman Monas, Taman Menteng, dan Senayan.

Taman Monas, Jakarta, merupakan taman dengan fasilitas terbaik di Jakarta.

jadi ayo kita lestarikan infrastruktur hijau kota kita untuk menjadikan kota kita hijau, asri, bersih, dan sehat.

Hijauku, hijaumu, hijau kita semua :)

0 komentar: